HALIYORA.COM

CEPAT & AKURAT

Pegadaian Berlakukan Keringanan Pembayaran Bunga bagi Nasabah

Ternate, Haliyora.com

Pegadaian resmi berlakukan program gadai peduli sebagai salah satu bentuk upaya memberi keringanan kepada para nasabah yang terdampak Covid-19.

Kapala UBM Pegadaian Bastiong, Leo Marsifan mengatakan bahwa program ini hanya berlaku bagi nasabah yang memilki pinjaman kurang dari 1 juta dan program ini sudah berlaku sejak tanggal 1 Mei hingga berakhir tanggal 31 Juli. Bagi nasabah yang mempunyai pinjaman di bawah Rp 1000.000 itu di berikan keringanan berupa pengurangan bunga.

“Untuk semua produk ada keringanan, baik emas, BPKB, maupun serifikat tanah,” Kata Leo kepada Haliyora.com, di ruang Kerjanya. Kelurahan Bastiong, Rabu (24/6).

Adapun persayaratan dari program bunga 0 persen ini adalah nasabah yang berada dalam satu KK (Kartu Keluarga) hanya di perbolehkan satu nasabah penerima saja. Selanjutnya nasabah mengajukan dulu untuk dengan mengisi form-form yang telah disediakan pihak Pegadaian (Permohonan restrukturisasi), tinggal menunggu Ondes maupun ondespot pihak pegadaian.

Kapala UBM Pegadaian Bastiong, Leo Marsifan

Untuk nasabah-nasabah di daerah zona merah akan diwawancarai via telepon untuk pengisian form dan diajukan untuk disetujui pimpinan.

“misalkan kalau yang di zona merah ketika kita tidak bisa datang, itu biasanya kita langsung cetak perjanjiannya, pada saat pandemi suda berakhir atau dikatakan tidak lagi zona merah kita langsung kasi tanda tangan supaya dia dapat keringanan,” jelasnya.

Leo juga menjelaskan, ada tiga keringanan yang ditawarkan dengan stimulus yang diberikan oleh pegadaian, yaitu BPKB, emas dan sertifikat tanah. Penundaan pembayaran angsuran yang di bebankan setelah menerima restrukturisasi ditiga bulan, ditunda kewajibannya untuk meng-update di bulan ke 4.

“jadi 3 bulan itu pembebasan denda untuk nasabah yang sudah menunggak satu bulan atau dua bulan itu denda-denda yang ada itu kita hapus Jadi pinjaman yang baru. Jadi tidak dihitung lagi dendanya, hanya dihitung kewajibannya nasabah, yaitu pokok sama sisa sewa modal saja. Sisa pokok sama sewa modal tanpa ada denda ini ada diantaranya perpanjangan jangka waktu, penundaan pembayaran angsuran sama pembebasan denda,”tuturnya.

Leo berharap nasabah yang terdampak covid-19 agar bisa memaklumi jika ada sedikit keterlambatan dalam pelayanan disebabkan keterbatasan karyawan. Pastinya, Pihak pegadaian tetap melakukan pelayanan maksimal terhadap setiap nasabah. (Riko)

Tinggalkan Komentar

Terbaru

error: Content is protected !!