HALIYORA.COM

CEPAT & AKURAT

Update Covid-19 Malut Per 25 Juni: Bertambah 77, Angka Pasien Positif Jadi 637 Orang

Tim Gustu Malut (foto : Jainudin/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Tim Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara kembali menyampaikan situasi terkini perkembangan Covid-19 di Maluku Utara per 25 Juni 2020.

Berdasarkan keterangan juru bicara Gugus Tugas, Covid-19 Maluku Utara, Alwia Assagaf pada konfrensi pers maupun rilis data yang diterima Haliyora.com, pada Kamis malam (25/06/2020) disebutkan, hari ini ada penembahan pasien positif sebanyak 77 kasus, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif di Provinsi Maluku Utara menjadi 637 orang. Selanjutnya kasus baru ini disebut kasus 561-637

Tambahan kasus positif hari ini terdapat di enam kabupaten/kota. Sebanyak 31 orang di Kota Ternate, 21 kasus di Tidore Kepulauan, di Kabupaten Halmahera Selatan 15 kasus, Hamahera Barat lima kasus, Halmahera Utara empat kasus, dan satu di Kepulauan Sula.

Tambahan 77 kasus positif baru itu diperoleh dari hasil pemeriksaan TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 52 spesimen (42 orang) untuk 25 follow up, dan 17 diagnosis. Juga hasil pemeriksaan melalui PCR (Polymerase Chain Reaction) BTKL Manado sebanyak 104 spesimen (62 orang) dimana untuk diagnosis 57 orang dan follow up 5 orang. Ditambah pula hasil pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) BBLK Makassar terhadap 101 spesimen (52 orang) untuk diagnosis 52 orang, serta hasil pemeriksaan PCR (Polymerase chain Reaction) Laboratorium Klinik Prodia Ternate terhadap sembilan spesimen (9 orang) diantaranya untuk diagnosis dua orang dan follow up dua orang.

Dari hasil pemeriksaan specimen di empat tempat tersebut diperoleh hasil 77 orang terkonfirmasi positif antara lain, hasil pemeriksaan melalui TCM RSUD Chasan Boesorie 18 orang, PCR BBLK Makasar 32 orang, PCR BTKL Manado 24 orang, dan PCR Prodia Ternate tiga orang.

Kabar duka juga diterima masyarakat Maluku Utara, lantaran hari ini dilaporkan kasus pasien Covid-19 meninggal bertambah tiga sehingga menjadi 29 orang.

“Untuk jumlah kasus meninggal pada hari ini mengalami penambahan sebanyak tiga orang, yaitu kasus 506 (SA) asal Ternate, meningal 19 Juni 2020, kasus 565 (AA) asal Halbar, meninggal 29 Mei 2020 dan kasus 589 (MRK) asal Halut meninggal 11 Juni 2020,” demikian tertulis dalam rilis.

Sementara kasus pasien sembuh hari ini dilaporkan bertambah satu orang asal Kota Tidore Kepulauan berinisial Al, tercatat sebagai kasus 128. Al dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan follow up TCM RSUD Chasan Boesoirie dengan hasil negatif ke dua.

Sembuhnya Al menambah jumlah pasien yang dinyatakan sehat di Maluku Utara menjadi 89 orang.

Sementara, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG ) hari ini juga mengalami penurunan sebanyak 35 kasus, masih tersisa 1.133 orang. Sebelumnya berjumlah 1.168 kasus.

Pengurangan kasus OTG terdapat di Kabupaten Halbar, Halut, Haltim, Kota Ternate, Pulau Morotai dan Kota Tidore Kepulauan, dikarena telah selesai masa pemantauan serta terkonfirmasi positif. Namun terdapat juga penambahan di dua Kabupaten yakni di Halteng dan Halsel.

Selanjutnya, untuk kasus Orang Dalam Pemantauann (ODP) juga berkurang tujuh kasus pada hari ini di Kabupaten Halmahera Selatan dan Halmahera Utara karena telah selesai masa pemantauan serta terkonfirmasi positif. Tetapi ada juga penambahan ODP di Kota Tidore. Dengan demikian, jumlah kasus ODP sampai hari ini sebanyak 82 orang.

Sedangkan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 30 orang, pada hari ini atau mengalami pengurangan sebanyak satu orang. Pengurang ini dikarenakan telah selesai masa pemantauan serta terkonfirmasi positif. Selain berkurang ada juga tambahan dari di Kabupaten Halteng dan Halsel.

Juga disebutkan, hingga hari ini telah dilakukan pemeriksaan rapid test kepada 9.209 orang dan didapatkan hasilnya 882 orang reaktif, diantaranya 585 orang OTG, 94 orang ODP, 61 orang PDP, dan 142 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sedangkan 8320 orang lainnya non reaktif.

Dalam keterangan tertulis itu juga dinyatakan, pasien yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 38 orang, diantaranya 30 orang kasus terkonfirmasi positif Covid-19, lima orang ODP, dan Tiga orang PDP.

Sedang yang menjalani karantina dan isolasi di Hotel Sahid sebanyak 71 orang dengan rincian 65 orang pasien terkonfirmasi positif, tiga orang OTG, dan tiga orang PDP.

Disebutkan pula, data tersebut di atas bersumber dari pengolahan data pada pusat data dan informasi Gugus Tugas covid-19 Maluku Utara yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan KKP kelas III Ternate.

“Kepada seluruh masyarakat Maluku Utara kembali diingatkan agar sering cuci tangan, pakai sabun dengan air mengalir, selalu gunakan masker, jaga jarak menggunakan uang elektronik, sediakan hand sanitaiser jika keluar rumah. Sementara balita dan lansia dihimbau untuk tetap dirumah saja, selalu makan makanan yang bergizi dan olahraga,”demikian tertulis dalam rilis. (Jae)

Tinggalkan Komentar

Terbaru

error: Content is protected !!