HALIYORA.COM

CEPAT & AKURAT

Pasien Positif Covid-19 Halsel Jalani Karantina di Rumah

Sekretaris Gustu Covid-19 Kabupaten Halsel, Daud Djubedi.

Halsel, Haliyora.com

Gugus Tugas (Gustu) Percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Sabtu (25/7) kemarin, telah memulangkan pasien Positif Covid-19 yang dikarantina di Rumah Sakit Darurat di Rusunawa ke rumah masing-masing.

Sekretaris Gustu Covid-19 Halsel Daud Djubedi mengatakan bahwa kebijakan memulangkan pasien positif Covid-19 dimaksudkan agar bisa menjalani karantina di rumah, sebagai tindaklanjut dari Keputusan Menteri Kesehatan (KMK).

Kepala BPBD Halsel ini mengaku, Tim Gustu akan menerapkan protokol kesehatan kepada pasien Positif Covid-19 selama menjalani masa karantina dirumah

Lanjut Daud, sosialisasi dan edukasi juga akan dilakukan kepada masyarakat, khususnya pihak keluarga Pasien Positif Covid-19 terkait protokol kesehatan, dimana pasien yang karantina mandiri tidak diijinkan beraktifitas di luar rumah sebelum ada surat sembuh yang diserahkan pihak kesehatan atau Gustu.

Untuk penanganannya, satgas Kecamatan maupun Satgas di desa akan diminta untuk memantau pasien positif Covid-19 yang menjalani karantina mandiri di rumah.

“ini sesuai aturan baru yang direvisi kelima lewat Keputusan menteri Kesehatan (KMK), maka Gustu Halsel menyesuaikan sesuai arahan KMK, langkah Gustu Halsel melibatkan Satgas Kecamatan dan Satgas Desa untuk pemantauan setiap pasien yang bergejala maupun yang positif agar tidak melakukan kontak fisik dengan masyarakat,” tutur Daud.

Daud mengungkapkan, jumlah kasus positif yang nantinya menjalani karantina di rumah, Per 26 Juli sebanyak 115 kasus, setelah adanya tambahan 32 kasus baru dari hasil spesimen BBLK Makasar dan TCM RSUD Labuha terdapat 12 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Lanjut Daud merinci, 32 kasus positif covid-19 baru itu hasilnya keluar semalam, spesimen yang keluar dari BBLK Makasar dan 12 spesimen lewat TCM di RSUD Labuha, terdiri dari 24 dari wilayah kerja Puskesmas Labuha, lima orang dari Puskesmas Gandasuli, Satu orang dari Puskesmas Babang, satu orang dari Puskesmas Bibinoi dan satu orang dari Puskesmas Yaba, paparnya.

“saat ini, pasien positif yang masih ada di Rusunawa tersisa lima orang, karena masih menunggu pemeriksaan dari tim dokter, selebihnya sudah dikembalikan ke rumah masing-masing,” tutupnya. (Asbar)

Tinggalkan Komentar

Terbaru

error: Content is protected !!