HALIYORA.COM

CEPAT & AKURAT

Bawaslu Malut Lapor Kadis Dikbud Halsel dan 9 ASN ke KASN

Halsel, Haliyora.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Selatan (Halsel), menyerahkan langsung berkas laporan 10 Aparatur Sipil Negera (ASN) yang terlibat politik praktis ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Kantor Bawaslu RI, Jalan Letjen MT Haryono nomor Kav. 52-53, Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan, Senin (27/7).

Sepuluh ASN yang dilaporkan ke Bawaslu yaitu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel Nurlela Muhammad, Kepala Dinas Transnaker Halsel Fahri Nahar, Kepala Dinas Perkim-LH Ahmad Hadi, Kepala BPBD Halsel Daud Djubedi, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Halsel Ardiani Radjiloen, Kepala Dinas Perlindungan Anak, Perempuan dan Keluarga berencana Halsel Aisa Badaruni, dan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Mujiburrahman, ditambah tiga ASN lainnya, yaitu F. Bakir, Mahdan Abidin dan Irsad Baharudin.

Devisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Halsel Asman Jamil SH saat dihubungi Haliyora.com via whatsapp mengatakan bahwa 10 ASN yang dilaporkan ke KASN, terkait dengan pelanggaran netralitas ASN pada Pemilihan Bupati 2020, dan juga Pelanggaran Pemilu legislatif Tahun 2019 lalu.

Asman mengungkapkan bahwa Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Halsel Nurlela Muhammad, yang juga Isteri Bupati Halsel ini, bersama 6 orang pejabat teras Halsel lainnya masuk dalam pelanggaran Pemilu 2020 yang ditemukan pengawas kecamatan Obi Barat. Sementara tiga ASN lainnya dilaporkan atas pelanggaran pada saat Pemilu legislatif 2019 lalu.

Koordiv HPP Bawaslu Halsel ini menjelaskan bahwa selanjutnya berkas laporan yang diserahkan kemudian akan ditindaklanjuti oleh KASN dan jika terbukti bersalah maka KASN akan megeluarkan rekomendasi sanksi kepada 10 ASN tersebut.

Menurut Dia, bahwa khusus di lingkup Halsel sudah banyak sekali pelanggaran yang melibatkan ASN, bahkan ASN Halsel kerap dengan sengaja terlibat politik praktis.

“kami berharap dengan adanya laporan ke KASN ini bisa menjadi efek jera bagi ASN lainnya,” tutupnya. (Asbar)

Tinggalkan Komentar

Terbaru

error: Content is protected !!