HALIYORA.COM

CEPAT & AKURAT

Sah, Muhdi-Gazali Lolos Sebagai Calon Independen pada Pilwako Ternate

Muhdi-Ghazali Calon Independen Walikota Ternate (foto: Jainudin/Haliyora.com)

Ternate,Haliyora.com.

Pasangan bakal calon walikota/wakil walikota Ternate jalur perseorangan Muhdi-Gazali dipastikan lolos sebagai calon sebagai kontestan pada pilwako 09 Desember 2020.

Pasangan ini dipastikan lolos setelah memenuhi kekurangan persyaratan administrasi pencalonan berupa pernyataan dukungan secara tertulis dan KTP Pemilih yang ditetapkan KPU.

Sebagaimana diketahui, KPU mensyaratkan bagi calon independen harus mengantongi dukungan 10 persen dari DPT terakhir pada daerah dengan jumlah penduduk di bawah 250 jiwa.

Untuk Kota Ternate, pasangan calon Independen (perseorangan) harus mengantongi dukungan pemilih sebanyak 12 ribu lebih. Dukungan itu secara fisik berupa pernyataan tertulis dan KTP yang dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU.

Pada Verifikasi Faktual tahap pertama, pasangan Muhdi-Gazali menyerahkan puluhan ribu dokumen dukungan. Namun setelah diverfak, hanya 7 ribu lebih yang dinyatakan memenuhi syarat (SM), sehingga diberikan waktu selama tiga hari untuk melengkapi dukungan yang masih kurang sebanyak 5 ribu lebih.

Sesuai peraturan KPU, Muhdi-Gazali harus menyediakan dukungan tambahan sebanyak 10 ribu lebih atau dua kali lipat dari kekurangan yang ada dalam waktu hanya tiga hari.

Waktu yang singkat tidak menjadi kendala bagi pasangan itu. Terbukti, mereka berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 14.897. Jumlah itu kemudian dimasukkan ke Silon serta diserahkan ke KPU secara fisik untuk diverifikasi.

Pada verfak ke dua pada Senin (27/07) terhadap14,897 dukungan, terdapat 1.149 tidak memenuhi syarat (TSM), sisanya sebanyak 13.748 dinyatakan Memenuhi Syarat (SM) sehingga pada pleno KPU, pasangan independen Muhdi-Gazali dinyatakan lolos administrasi dukungan sebagai pasangan calon walikota/wakil walikota untuk berkompetisi pada pilwako 09 Desember 2020.

Hal itu disampaikan komisioner KPU Kota Ternate, Kuad Suwarno kepada Haliyora.com, usai pleno, Senin (27/07/2020) malam.

“Berdasarkan hasil pleno rekapan dukungan perbaikkan tadi, Muhdi-Gazali mendapat dukungan sebanyak 13.748 dari dukungan yang dimasukkan sebanyak 14.897. Hasil itu sudah melebihi syarat minimal calon jalur perseorangan untuk maju dalam pemilihan walikota dan wakil walikota,”terang Kuad.(jae)

Tinggalkan Komentar

Terbaru

error: Content is protected !!